Kumpulan rumus excel lengkap dengan fungsinya

Posted on

– Ini adalah kumpulan rumus Excel yang harus Anda kuasai untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan Anda. Lihat daftar di bawah ini.

Mungkin Anda masih bingung, kenapa Microsoft Excel menjadi salah satu skill yang perlu dikuasai para pekerja kantoran? Ya, sebenarnya tidak hanya Microsoft Excel saja, tetapi juga beberapa program Microsoft Office yang perlu Anda kuasai yaitu Microsoft Word dan PowerPoint.

Kumpulan rumus excel lengkap dengan fungsinya

Kumpulan-rumus-excel-lengkap-dengan-fungsinya

Baca juga:
– Tidak perlu ribet, cara membuat dropdown list di excel
– 2 cara untuk menghapus dan menambahkan kolom di Excel, gagal!
– Cara menambahkan baris di Excel, hanya butuh 3 detik!
– 2 cara menggunakan IsiOtomatis di Excel, banyak gunanya!

Karena Microsoft Office sangat sering digunakan di berbagai area kerja. Microsoft Word adalah pengolah kata yang digunakan untuk menulis dokumen, surat, proposal, dll. Sedangkan PowerPoint berguna untuk membuat presentasi.

Microsoft Excel berguna untuk mengolah data melalui berbagai bentuk seperti formula

, perhitungan dasar, manipulasi data, pembuatan tabel, pembuatan grafik hingga pengelolaan data. Microsoft Excel akan sangat membantu Anda dalam membuat laporan pekerjaan, terutama laporan yang berhubungan dengan angka.

Bagi Anda yang bekerja di ruang data, seperti B. staf administrasi, keuangan, pemasaran, akuntan dan lainnya, Anda pasti akan lebih sering menggunakan Microsoft Excel untuk membuat, mengedit, menganalisis, dan meringkas data dalam bentuk angka karena Microsoft Excel memiliki puluhan rumus perhitungan yang dapat membantu Anda jika ingin menghitung penjumlahan, pengurangan, atau mencari rata-rata dari data angka yang Anda miliki. Jadi Anda tidak perlu menghitung dengan kalkulator!
Ilustrasi Microsoft Excel. (pixabay)
Ilustrasi Microsoft Excel. (pixabay)

Kumpulan rumus Excel terdiri dari berbagai jenis

, berikut ini adalah kumpulan rumus Excel yang harus diingat agar Anda dapat menggunakannya di dunia kerja:

AND : Mengembalikan BENAR jika semua kriteria terpenuhi Benar (BENAR)
AREAS : Menampilkan total area (area atau sel)
AVERAGE : Menghitung nilai rata-rata
SELECT: Menampilkan hasil seleksi berdasarkan nomor indeks
CONCATENATE : Digunakan untuk menggabungkan beberapa teks menjadi satu kalimat
COUNTA : Seluruh sel terisi
COUNTIF : Menghitung jumlah sel dalam rentang dengan kriteria tertentu
DATE : Mengambil nilai tanggal
TAG : Menemukan tag
HLOOKUP : Mencari data dari tabel yang disusun dalam format horizontal
LOWER : Mengubah semua teks yang berisi huruf besar menjadi huruf kecil
MATCH : Mengembalikan posisi alamat sel yang diberikan
MAX : Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sebuah dataset
MID : Digunakan untuk mengambil karakter tertentu dari sebuah string
MIN : Digunakan untuk mencari nilai terendah dari suatu record
BULAN: Mencari bulan
MULTI IF : Kombinasi dari beberapa if individu
NOT : Kebalikan dari AND, mengembalikan TRUE jika kondisi yang diuji adalah FALSE
OR : Penentuan nilai dengan perbandingan ATAU
PROPER : Mengubah huruf awal teks menjadi huruf besar
SINGLE IF : Menguji kebenaran suatu kondisi yang hanya memiliki satu logika
STDEV : Digunakan untuk memperkirakan standar deviasi berdasarkan sampel
JUMLAH: Tambah
UPPER : Mengubah semua teks yang mengandung huruf kecil menjadi huruf besar
VALUE : Digunakan untuk mengonversi data teks menjadi data numerik
VAR : Digunakan untuk mengestimasi varians berdasarkan sampel tunggal
VLOOKUP: Menemukan data dari tabel yang disusun dalam format tegak/vertikal
YEAR : Mencari tahun

Ini adalah kumpulan rumus Excel yang paling umum digunakan untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan mudah. Banyak keberuntungan !

Baca Juga :

https://bursakamera.co.id
https://disparbudtanggamus.id
https://gadgetplus.id
https://eproposal.id
https://bprsmh-bandung.co.id
https://ligo.co.id
https://fraksipks-kabbogor.id